March 12, 2013

Rohana Kudus, Wartawati Pertama di Indonesia

Dibalik dunia Pers yang fana ini, ternyata ada beberapa tokoh yang berpengaruh tapi mereka diabaikan. Banyak fakta yang sengaja disembunyikan untuk kepentingan - kepentingan tertentu. kembali lagi itu karena kekuasaan. 

Salah satu tokoh yang dimaksudkan adalah Rohana Kudus. Perempuan berdarah Minang kental yang lahir di era Kartini. Beliau adalah tokoh perempuan yang sepertinya sedikit dipinggirkan. Kami selaku generasi muda, sangat asing ketika pertama kali mendengar namanya. Beliau adalah wartawan wanita pertama di Indonesia dan sempat menerbitkan surat kabar khusus untuk kaum hawa, "Sunting Melayu".


Rohana Kudus
diambil dari Wikimedia.org

berikut sedikit biografi Rohana Kudus,

Rohana Kudus lahir di Kota Gadang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, 20 Desember 1884 yang saat itu masih Negara Hindia Belanda, kemudian beliau meninggal di Jakarta, di usianya yang ke – 87 tahun,
tepat pada tanggal 17 Agustus 1972. Rohana Kudus adalah tokoh wartawan wanita pertama di Indonesia. Rohana Kudus lahir dari ayahnya yang bernama Mohamad Rasjad Maharadja Soetan dan ibunya bernama Kiam. Rohana Kudus adalah kakak tiri dari Soetan Sjahrir, Perdana Menteri Indonesia yang pertama dan juga mak tuo (bibi) dari penyair terkenal Chairil Anwar. Ia pun adalah sepupu H. Agus Salim. Rohana Kudus hidup di masa yang sama dengan R.A Kartini, dimana hak perempuan untuk mendapat pendidikan yang layak sangat dibatasi. Rohana Kudus merupakan  perdiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia, "Sunting Melayu". “Sunting Melayu”, sebuah surat kabar yang berisikan tentang pergerakan serta kegiatan kaum wanita pada saat itu. Baginya, surat kabar adalah alat yang ampuh untuk menyebarkan gagasan yang bisa mempengaruhi pikiran perempuan. [dikutip dari :Wikipedia dan beberapa Sumber]

Serangkaian Penghargaan untuk Rohana Kudus,

  • Wartawati Pertama Indonesia (1974)
  • Menteri Penerangan Harmoko menganugerahinya sebagai Perintis Pers Indonesia (9 Februari 1987, pada Hari Pers ke-3)
  • Penyematan Bintang Jasa Utama (2008)
Rohana Kudus merupakan sosok wanita kokoh dengan segudang cita - cita. Peran yang cukup sentral dalam perkembangan PERS di Indonesia. Penegak hak - hak kaum wanita di masanya. Kita para generasi muda patut mengenalnya, wanita kokoh yang sedikit terpojokkan. Rohana Kudus.






No comments:

Post a Comment