April 23, 2014

Pendekar Layang - Layang

 
gambar dari sini

Gue adalah teknisi dari sebuah perusahaan yg bergerak di bidang IT. Setiap hari kerjaan gue memperbaiki barang - barang yg rusak. Terkadang juga dengerin keluhan para pelanggan yg bingung menggunakan alat cetak idcard yg kami jual. Biasanya lewat telepon atau chating online, tak jarang juga harus langsung terjun ke TKP. 

Karena banyak pelanggan yg bertempat diluar kota alhasil gue mulai sering ke luar kota. Disisi lain menyenangkan disisi lain gue harus bedain mana liburan mana urusan kantor. Banyak temen yg bilang kalo kerjaan gue yg mengaruskan gue keluar kota itu menyenangkan, tapi bagi gue sih biasa aja. Karena ada tanggung jawab yg gue emban, ada misi yg gue selesaikan. So... itu bukan sekedar jalan - jalan semata tentunya. 
Disuatu kesempatan, gue ada tugas untuk melakuan training produk ke daerah Malang. Daerah yg gue tuju lumayan jauh, gue naik mobil bareng rekan kerja gue di kantor sebut saja namanya Pak Danang.

Pak Danang ini rekan kerja yg cukup asik untuk diajak ngobrol. Jadi sepanjang perjalanan kita ngobrol kemana - mana, dari mulai urusan kerja sampai ke urusan yg gak ada sangkut pautnya sama sekali dengan kerjaan. Pokoknya ngobrol, itung - itung ngilangin bosen selama perjalanan. 


Obrolan kita macem - macem, dari mulai kuliah gue, gimana awalnya gue bisa nyasar ke kantor yg sekarang dan bekerja sampai sekarang. Karena memang sebelumnya gue kerja di Surabaya, kemudian karena kuliah, gue cari tempat kerja yg deket kampus. 

Sampai pada akhirnya cerita soal masa kecil yg tentunya menyenangkan. Pak Danang ini pria paruh baya yg sudah punya 2 anak. Sementara gue, mahasiswa lucu masih umur 21th (kalo gak suka bagian ini bisa dilewatin). Kenangan masa kecil yg hampir sama. 

Ternyata dulu kita sama - sama suka main layang - layang. Dan mungkin beliau lebih jago daripada gue. Jujur gue gak ahli dalam main layang - layang. Gue cuma seneng liat aja, suruh terbangin butuh se-jam untuk usaha, dan itu belum tentu terbang juga. Tragis! Mungkin dewa layang - layang gak pernah berpihak ke gue. 

Pas dulu, momen layang - layang putus adalah hal yg paling ditunggu - tunggu. Kita berlari - lari mengejar kemanapun layang - layang itu mendarat. Pengorbanan yg kita lakukan sungguh luar biasa demi sebuah layang - layang seharga 500 perak pada masa itu. Tak peduli sawah, pekarangan rumah orang, lapangan, bahkan jalan raya merupakan tempat yang asyik untuk berebut layang - layang. 

Dan jika layang - layang itu sudah dalam genggaman, rasanya kita adalah bocah paling hebat sekampung, pendekar layang - layang.

Mungkin apa yg gue rasain waktu itu lebih dari apa yg gue tulis saat ini.

Segala hal butuh pengorbanan, ada pengorbanan tentu ada hasil. Hidup gak cuma pangku tangan liat layang - layang yg terbang meliyuk - liyuk di udara. Tapi hidup juga perlu berlari mengejar kesempatan yg ada dengan seluruh kemampuan yg kita miliki, kemudian menerbangkan layang - layang (baca:hasil) itu dengan tangan kita sendiri. Sekalipun butuh waktu satu jam untuk membuatnya terbang. :)

2 comments:

  1. wahaha gue juga sering maen layangan, tapi waktu kecil. fyi, gue orangnya juga suka ngejar layangan yang ketel. lumayan nggak usah beli. haha

    ReplyDelete